1. Latar Belakang Budaya dan Agama Yahudi
Yohanes Pembaptis hidup dan melayani di tengah masyarakat Yahudi pada abad pertama, yang sudah memiliki tradisi penyucian dengan air yang cukup kuat. Dalam agama Yahudi, dikenal yang namanya “mikveh”, yaitu kolam air yang digunakan untuk mandi ritual (ritual purification).
-
Mikveh (מִקְוֶה atau מקווה) adalah kolam atau tempat penampungan air alami, seperti air hujan yang ditampung atau air dari mata air, yang digunakan dalam tradisi Yahudi untuk ritual penyucian (taharah). Agar sah digunakan, seseorang harus masuk sepenuhnya ke dalam air, baik dengan cara diselam maupun berendam seluruh tubuh. Mikveh bukan sekadar tempat mandi, melainkan memiliki makna ritual dan spiritual yang mendalam, melambangkan pemulihan dari kenajisan ritus (ritual impurity) dan kesiapan untuk memasuki keadaan kudus di hadapan Tuhan.
-
Praktik ini umum dilakukan oleh para imam sebelum pelayanan di Bait Suci, wanita setelah menstruasi (niddah) atau melahirkan, sebagai bagian dari proses pertobatan (teshuvah) dan orang-orang yang kembali dari keadaan najis.
Jadi, dari kecil Yohanes sudah terbiasa melihat praktik penyucian dengan cara “diselam” ini di komunitasnya, terutama jika dia hidup dekat dengan komunitas religius seperti kaum Esseni.
2. Yohanes dan Komunitas Esseni? (Hipotesis)
Beberapa ahli berpendapat bahwa Yohanes mungkin pernah hidup bersama atau mendapat pengaruh dari komunitas Esseni—sebuah kelompok Yahudi yang sangat ketat menjaga kekudusan hidup, dan tinggal di daerah padang gurun dekat Qumran (dekat Laut Mati).
-
Komunitas Esseni juga menggunakan ritual penyucian dengan air yang dilakukan secara rutin, termasuk melalui perendaman total dalam air (mirip baptisan selam).
-
Jika Yohanes tumbuh atau pernah belajar dari komunitas ini, maka pengaruh cara pembaptisan dengan diselam sangat mungkin ia dapat dari sana.
3. Inspirasi dan Panggilan Ilahi
Selain pengaruh tradisi dan lingkungan, panggilan Yohanes bersifat ilahi. Lukas 3:2 mengatakan bahwa “firman Allah datang kepada Yohanes di padang gurun.” Ini menunjukkan bahwa:
-
Yohanes bukan sekadar mengikuti tradisi, tapi juga dipimpin secara nabi-nabian oleh Tuhan untuk memakai pembaptisan sebagai tanda pertobatan dan persiapan menyambut Mesias.
-
Dalam perintah dan ilham yang ia terima, Tuhan bisa saja mengarahkan Yohanes untuk menggunakan metode penyelaman total, karena itu sangat kuat secara simbolis: dikuburkan dan bangkit kembali (simbol pertobatan dan hidup baru).
4. Simbolisme Baptisan Selam
Yohanes mungkin menyadari bahwa metode selam (perendaman total) memiliki makna rohani yang dalam:
-
Masuk ke dalam air = kematian terhadap dosa dan hidup lama
-
Keluar dari air = hidup baru, dibersihkan, dan disiapkan bagi Tuhan
Ini juga menjadi dasar teologis yang kuat kemudian dalam ajaran Yesus dan Rasul Paulus:
“Kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan... demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.”(Roma 6:4)
5. Lokasi dan Praktik Yohanes di Sungai Yordan
Yohanes membaptis di Sungai Yordan, bukan di tempat kecil seperti wadah atau baskom. Ini menunjukkan bahwa:
-
Tempatnya memungkinkan orang untuk masuk ke dalam air.
-
Praktiknya memang perendaman, bukan hanya dipercik.
Yohanes 3:23 menuliskan bahwa Yohanes “juga membaptis di Ainon, dekat Salim, sebab di situ banyak air.” Ini menguatkan bahwa banyak air dibutuhkan untuk membaptis dengan cara diselam.
Kesimpulan
Yohanes Pembaptis belajar membaptis dengan selam karena:
-
Dipengaruhi oleh tradisi Yahudi seperti mikveh yang menggunakan perendaman air.
-
Kemungkinan besar mendapat pengaruh dari komunitas religius seperti Esseni.
-
Dipimpin langsung oleh firman Tuhan, sebagai bagian dari misi kenabiannya.
-
Memilih perendaman karena maknanya yang kuat secara simbolik: pertobatan, kematian terhadap dosa, dan hidup baru.
-
Diperkuat oleh lokasi pembaptisan yang memungkinkan baptisan selam, seperti Sungai Yordan.
Pembaptisan Yohanes dengan cara selam bukan sekadar metode, tapi sarat makna rohani yang mempersiapkan hati manusia menyambut Sang Mesias—Yesus Kristus.
No comments:
Post a Comment