Translate This Blog

Friday, April 24, 2020

Sebab Orang Sesat / Murtad


Allah berkata bahwa kita semua dibenarkan untuk menjadi Orang Benar bukan karena kita telah melakukan hukum Taurat ataupun karena kita telah melakukan kebaikan dan mengerjakan ajaran-ajaran agama, namun kebenaran itu kita peroleh semua karena Kasih Karunia saja yang dimana telah diberikan dengan cuma-cuma karena penebusan Kristus Yesus di kayu salib. Jadi apabila ada orang benar yang meninggalkan keyakinan dan kepercayaan terhadap Tuhan Yesus, maka hal itulah yang disebut dengan sesat / murtad.

Berpindah keyakinan dan kepercayaan adalah kebebasan yang diberikan Allah kepada manusia dengan tanggungjawab ditanggung sendiri.

Banyak argumentasi yang diberikan sebab-sebab orang benar menjadi sesat / murtad, yang kalau dikelompokan bisa dibilang karena roti (perut), penolong (pasangan hidup) dan kekuasaan, dan itu merupakan pakem atau SOP yang iblis gunakan untuk membuat orang benar jatuh.

Tapi kalau dalam Firman Tuhan lebih tegas disampaikan, bahwa orang benar jadi sesat / murtad karena :

1. Tidak Mengerti Kitab Suci
Untuk mengerti Kitab Suci, kita harus membaca Kitab Suci /Alkitab itu sendiri lalu merenungkannya siang dan malam. Pembacaan Alkitab lebih baik dilakukan dari kitab Perjanjian Baru (Kitab Matius - Kitab Wahyu) baru dilanjutkan dengan Perjanjian Lama (Kitab Kejadian - Kitab Maleakhi) supaya kita kenal kasih Allah melalui Yesus Kristus  dulu.
Pengertian terhadap isi Alkitab merupakan suatu keharusan dalam kehidupan orang Kristen, sehingga iman yang dimilikinya berdiri diatas batu karang yang kuat. 
Dalam proses membaca Alkitab, kita perlu memiliki keyakinan tanpa komproni bahwa Alkitab adalah Firman yang di ilhami Tuhan, yang sempurna, dan tanpa salah.

2. Tidak Mengerti Kuasa Allah
Sangat sulit untuk manusia mengerti kuasa Allah karena keterbatasan manusia itu sendiri, sehingga untuk tetap mencoba paham tentang kuasa Allah kita harus belajar / sekolah untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
Ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. 
Banyak tertulis dalam Alkitab bagaimana ketika Yesus Kristus melakukan mujizat penyembuhan akan menyuruh orang yang telah sembuh itu untuk datang ke para imam untuk diperiksa lalu dinyatakan kesembuhannya. 
Sehingga disini kita lihat bagaimana Tuhan Yesus memakai ilmu pengetahuan sebagai sarana mendefinisikan tentang kuasa Allah yang diterjemahkan kedalam bahasa yang bisa dimengerti oleh manusia.
Dengan ilmu pengetahuan, kita bisa uji isi Alkitab dan melihat kebenaran dari Firman Tuhan yang tertulis didalamnya.

Pandangan kita harus berdasarkan pada Pengetahuan; dan Pengetahuan ini berasal dari fakta yang Allah wahyukan kepada kita.

Daftar Pustaka :
  • Roma 4:13
  • Roma 3:24
  • Markus 12:24

No comments:

Like For Free Alerts