Translate This Blog

Saturday, May 02, 2020

Makna Baptisan


Baptisan bukan membasuh kotoran dari kulit kita melainkan menghadirkan kita dengan hati nurani yang bersih melalui kebangkitan Yesus Kristus di hadapan Allah. Yesus memiliki kata terakhir (penentu) dalam segala hal dan untuk semua orang, dari malaikat ke semua kekuatan yang ada. Yesus Kristus berdiri tepat di samping Allah, dan apa yang Dia katakan terjadi.

Baptisan mempunyai makna :

1. Manusia Lama Kita Telah Mati Dalam Yesus Kristus Dan Dikuburkan Bersama-Nya. 
Sebab pada waktu kita dibaptis, kita dikubur bersama-sama Yesus Kristus; dan dengan baptisan itu juga, kita turut dihidupkan kembali bersama-sama Kristus karena kita percaya akan kuasa Allah yang sudah menghidupkan Yesus Kristus dari kematian.
2. Lalu Kita Dibangkitkan Oleh Tuhan Menjadi Ciptaan Baru.
Ketika kita dibaptis, kita meninggalkan tubuh lama yang penuh dosa; ketika kita keluar dari air, kita memasuki kehidupan kasih karunia - kehidupan baru di tanah baru. Ketika kita diturunkan ke dalam air, itu seperti penguburan Yesus; Ketika kita dibangkitkan dari air, itu seperti kebangkitan Yesus.
3. Memulai Hidup Baru.
Orang yang sudah bersatu dengan Yesus Kristus, menjadi manusia baru sama sekali. Yang lama sudah tidak ada lagi — semuanya sudah menjadi baru.
4. Menerima Sifat-Sifat Kristus.
Kita semuanya sudah dibaptis atas nama Yesus Kristus, jadi kita sudah menerima pada diri kita sifat-sifat Yesus Kristus sendiri (iman orang dewasa). 
5. Menjadi Satu Dalam Tubuh Kristus.
Kita semua sudah dibaptis oleh Roh yang sama, supaya kita dijadikan satu pada tubuh Kristus itu. Kita semua juga mengalami Roh yang satu itu sepenuhnya.

Daftar Pustaka :
  • Alkitab

No comments:

Like For Free Alerts