Monday, April 02, 2018

Kenapa Harus Pergi Ke Gereja

Kadang saya bertanya kenapa orang Kristen harus pergi ke gereja. Jika kita tanya ini kepada pendeta, kita akan menemukan banyak jawaban terhadap hal tersebut. Dan intinya selalu untuk memuliakan Tuhan dan yang paling egois adalah untuk mendapat berkat, seakan-akan kalau kita tidak ke gereja kita tidak dapat berkat dari Tuhan (capek deh....). Malahan ada pandangan lebih jauh lagi, kalau orang Kristen tidak ke gereja itu artinya orang Kristen itu bukan orang Kristen yang baik.

Tapi secara pribadi, saya selalu berpikir bukan hanya untuk memuliakan Tuhan saja kita ke gereja, karena kalau itu saja, pernyataan itu sepertinya Tuhan membutuhkan manusia untuk memuliakan Dia, sedangkan kita hanya ciptaannya saja, apakah kita bisa membuat dampak sejauh itu kepada pencipta kita. Lebih-lebih kalau bicara berkat, saya rasa Tuhan tidak sejahat itu dan kayaknya Tuhan itu royal, buktinya orang yang tidak ke gereja aja bisa kaya raya dan dapat menikmati bumi ini. Dan untuk baik atau tidak, kita bisa lihat buahnya dalam kehidupan orang Kristen itu sehari-hari.

Mungkin pencerahan yang saya dapat dibawah ini dapat membuat menyadari kenapa kita harus ke gereja.

1. Untuk Berkumpul Bersama 

Melalui firman-Nya kita diingatkan untuk selalu datang dalam pertemuan-pertemuan ibadah, dengan tujuan supaya kita dapat saling mengasihi dan menasihati. Karena seperti kita tahu sering dalam hidup, kita perlu mendapat masukan-masukan dari orang-orang di sekeliling kita dalam hal menghadapi dinamika hidup di bumi ini. Dan dimana lagi tempat yang terbaik kita bisa mendapat nasihat yang berlandaskan kasih dari orang lain tanpa ada "udang di balik bakwan" selain di Gereja.


2. Untuk Mendengarkan Kotbah Tentang Firman Tuhan 

Kotbah yang disampaikan Pendeta dalam ibadah sangatlah membantu kita untuk memahami Firman-Nya yang terkandung dalam Alkitab. Kita yang rajin baca Alkitab akan menyadari bahwa kita memiliki keterbatasan memahami isi Firman Tuhan dalam Alkitab, sehingga mendengar kotbah di Gereja, sangat membantu kita mengerti lebih dalam lagi tentang Firman yang kita baca dalam Alkitab dan menjaga kita tidak liar dalam menafsirkan Firman tersebut.


3. Untuk Menguatkan Iman Kita

Iman merupakan sesuatu yang paling penting dalam hidup orang Kristen, karena dalam Roma 5:1 tertulis Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus”. Dan melalui ke Gereja kita akan lebih dikuatkan Iman kita karena kita akan mendengarkan kotbah Pendeta yang membawa Firman Tuhan dan kesaksian-kesaksian yang hidup, yang disampaikan dengan bimbingan Roh Kudus.


4. Untuk Keluarga Kita

Kepada yang sudah berkeluarga, pergi ke gereja bersama dengan anak-anak merupakan sesuatu yang vital. Karena kita membawa mereka untuk mengenal Tuhan sejak dini dan untuk memperoleh pengajaran tentang  moral serta nilai-nilai yang benar, yang dapat membantu mereka dalam menjalankan kehidupan mereka. Anak-anak juga bisa mendapatkan komunitas yang baik untuk tempat mereka bergaul. Dan melalui ke gereja bersama-sama dengan keluarga akan sangat membantu kita sebagai keluarga untuk menghadapi dan menemukan solusi dalam melewati ancaman-ancaman yang dapat menghancurkan sebuah keluarga.


5. Untuk Memuji Tuhan Dengan Nyanyian

Dalam dunia penelitian menemukan bahwa bernyanyi mengurangi stres dan meningkatkan kualitas hidup serta mempererat ikatan sosial.

Dan sebuah studi oleh sekelompok ilmuwan dari Inggris dan Australia (Clift et al., 2007) menunjukkan bagaimana nyanyi paduan suara berdampak positif terhadap kualitas hidup, kesejahteraan, dan kesehatan. Riset yang melibatkan lebih dari 600 penyanyi paduan suara dari seantero Inggris tersebut memberikan akun empiris bagaimana mereka yang kesehatan psikologisnya relatif rendah memperoleh manfaat dari menyanyi paduan suara. Secara spesifik, empat kelompok berikut memperoleh manfaat paling besar dari nyanyi paduan suara:
  1. Mereka yang memiliki masalah kesehatan mental berkepanjangan
  2. Mereka yang memiliki masalah signifikan dalam hubungan/keluarga
  3. Mereka yang memiliki masalah kesehatan fisik
  4. Mereka yang sedang berduka karena kematian seseorang
Lebih jauh, penelitian ini juga menjelaskan bagaimana persisnya manfaat ini bekerja pada penyanyi. Para ilmuwan dari Universitas Canterbury Christ Church, Kolese Musik Royal Northern dan Universitas Griffith ini mengungkap enam “mekanisme membangun” dalam proses nyanyi paduan suara, yaitu:
  • efek positif
  • perhatian yang terfokus
  • pernapasan mendalam
  • dukungan sosial
  • rangsangan kognitif
  • komitmen teratur
Paduan Suara adalah sajian musik vokal oleh beberapa orang dengan memadukan berbagai jenis suara menjadi satu kesatuan yang utuh dan dapat mengungkapkan jiwa lagu yang dinyanyikan dan hal itu dapat kita lakukan kalau kita ke Gereja.


6. Untuk Berdoa Bersama

Beberapa manfaat dari doa bersama adalah:
  1. Dengan berdoa bersama, kita dapat menaikkan lebih banyak doa secara kolektif. Setiap kita memiliki cara yang unik untuk berdoa, dan berdoa bersama-sama akan membawa suara yang baru akan kebutuhan yang didoakan itu.
  2. Berdoa bersama-sama memberi kita rasa memiliki yang mendalam. Ketika kita menjadi bagian dari sebuah kelompok, kita merasa menjadi bagian yang penting dari sebuah tujuan yang lebih besar.
  3. Berdoa bersama-sama meningkatkan suasana hati kita. Ketika kita pulang dari sebuah persekutuan doa, kita merasa sangat terhibur karena dalam persekutuan itu kita tidak hanya memperhatikan orang lain, tetapi juga merasakan kasih serta kepedulian dari mereka.
  4. Berdoa bersama-sama membuka hati kita terhadap kebutuhan orang-orang di sekitar kita dan mengingatkan kita bahwa kadang-kadang kita bisa menjadi jawaban bagi doa seseorang.

7. Untuk Berguna Bagi Orang Lain

Gereja merupakan sebuah wadah terbaik bagi orang Kristen untuk ber-Fellowship. Dalam Bahasa Indonesia, kata yang digunakan untuk menyatakan Fellowship adalah Persekutuan. Kata fellowship sebenarnya adalah frasa yang terbentuk dari dua kata dasar Fellow yang berarti teman dan kata Ship yang berarti Kapal atau wadah. Perpaduan dari dua kata dasar inilah yang membentuk kata Fellowship mempunyai makna : wadah dari orang-orang yang saling berteman.
Ketika berteman kita dapat berguna bagi orang lain. Kita dapat saling menguatkan dan saling bahu membahu mencari solusi yang sedang dihadapi teman kita. Ataupun bersama-sama kita dapat menjadi sebuah kekuatan yang baik untuk menolong kelompok yang lebih besar, mengasihi sesama, sebagaimana ajaran dalam Alkitab.


8. Untuk Mengikuti Jejak Yesus

Kata Kristen sendiri memiliki arti "pengikut Kristus atau "pengikut Yesus". Murid-murid Yesus Kristus untuk pertama kalinya disebut Kristen ketika mereka berkumpul di Antiokia (Kisah Para Rasul 11: 26b). Sebagai pengikut Yesus, kita harus belajar mengikuti kebiasaan yang dilakukan Yesus. Dalam Alkitab jelas dapat kita baca bahwa Yesus rajin pergi ke tempat ibadah, sehingga sangat janggal kalau orang kristen jarang atau tidak pernah ke gereja.

Dari sini kita mengambil sebuah kesimpulan pribadi bahwa  kebutuhan untuk pergi ke Gereja lebih kepada kebutuhan kita sebagai manusia yang merupakan ciptaan Tuhan. Tuhan telah menciptakan kita dengan sempurnanya. Dan ke Gereja merupakan sebuah wadah untuk memulihkan, menyegarkan dan meluruskan kita sebagai sebuah ciptaan-Nya, sebagaimana tertulis dalam Matius 11.28 : "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu".

Daftar Pustaka :
  • Alkitab
  • https://youtu.be/mLNdksSFtyE
  • https://sanguinischoraliensis.wordpress.com/2013/06/16/mengapa-semua-orang-seharusnya-berpaduan-suara-kata-ilmuwan/
  • http://doa.sabda.org/kekuatan_dalam_doa_bersamasama
  • http://torehanpenaku.blogspot.co.id/2008/04/bersekutu-dalam-kerangka-yang-benar.html

No comments:

Perbedaan Lutheranisme - Calvinisme - Arminianisme

“For whom he did foreknow , he also did predestinate to be conformed to the image of his Son, that he might be the firstborn among many bret...