Thursday, February 08, 2024

"TULIP" 5 Poin Calvinisme


John Calvin adalah seorang teolog Reformasi terkenal pada abad ke-16 yang menonjolkan konsep pemilihan ilahi, kasih karunia, dan kedaulatan Allah. Karyanya yang paling terkenal adalah "Institusi Agama Kristen" dan kontribusinya membentuk teologi Calvinis yang menekankan kedaulatan ilahi dalam keselamatan manusia. Calvin juga memainkan peran kunci dalam penyebaran teologi Reformasi di Eropa. Konsep pemahaman Calvin yang terkenal adalah TULIP, yang merupakan akronim untuk Total depravity, Unconditional election, Limited atonement, Irresistible grace, Perseverance of the saints. Kelima poin ini merupakan ringkasan doktrin Calvinisme yang dijelaskan dalam Perjanjian Dordrecht yang disusun sebagai tanggapan terhadap teologi Arminianisme.

1. T - Total Depravity (Korupsi Total)
Arti dari Total Depravity adalah bahwa manusia lahir dalam keadaan berdosa dan korupsi total sebagai akibat dari dosa Adam. Sebagai hasilnya, manusia tidak memiliki kemampuan bebas untuk memilih Allah tanpa campur tangan-Nya.

2. U - Unconditional Election (Pilihan Tak Bersyarat)
Unconditional Election mengajarkan bahwa sejak sebelum penciptaan, Allah telah memilih sebagian orang untuk ditebus dan diselamatkan-Nya, tidak berdasarkan apapun yang ada dalam diri mereka, tetapi semata-mata berdasarkan kehendak-Nya sendiri.

3. L - Limited Atonement (Penebusan Terbatas)
Limited Atonement menyatakan bahwa kematian Kristus hanya untuk orang-orang yang dipilih oleh Allah, dan penebusan-Nya tidak untuk seluruh umat manusia.

4. I - Irresistible Grace (Anugerah yang Tak Terhindarkan)
Irresistible Grace mengajarkan bahwa orang-orang yang telah dipilih oleh Allah tidak akan dapat menolak panggilan-Nya. Ketika Allah memberikan anugerah-Nya kepada orang-orang ini, mereka akan pasti menerima keselamatan.

5. P - Perseverance of the Saints (Kepastian Keselamatan Orang-orang Kudus)
Perseverance of the Saints berbicara tentang keyakinan bahwa orang yang telah dipilih oleh Allah dan ditebus oleh Kristus akan tetap bertahan dalam iman dan tidak akan jatuh dari keselamatan-Nya.

Teologi TULIP Calvinisme menjadi topik perdebatan yang panas di kalangan teolog dan umat Kristen, terutama karena perbedaan pandangan dengan teologi Arminianisme yang menekankan kebebasan manusia dalam merespons anugerah Allah.

No comments:

Perbedaan Lutheranisme - Calvinisme - Arminianisme

“For whom he did foreknow , he also did predestinate to be conformed to the image of his Son, that he might be the firstborn among many bret...