Thursday, February 08, 2024

Teologi "Arminianisme" Penolakan Dari Seorang Pendeta Yang Belajar Doktrin Calvinisme

Arminianisme adalah sistem teologi yang berasal dari pemikiran Jacobus Arminius, seorang teolog Protestan Belanda yang hidup pada abad ke-16. Teologi ini berkembang sebagai tanggapan terhadap ajaran Calvinisme yang dianggap Arminius terlalu menekankan pada predestinasi dan pilihan ilahi yang tidak memperhitungkan peran kehendak bebas manusia (free will).

Salah satu inti dari teologi Arminianisme adalah bahwa kehendak manusia memiliki peran dalam menerima atau menolak keselamatan yang ditawarkan oleh Allah. Berbeda dengan poin-poin TULIP Calvinisme, teologi Arminianisme menekankan pada kebebasan manusia untuk merespons anugerah Allah dan menolak pandangan bahwa penebusan terbatas hanya untuk sebagian orang yang dipilih secara khusus.

Beberapa poin kunci dalam teologi Arminianisme antara lain:

1. Kehendak Bebas
Arminianisme mengajarkan bahwa manusia memiliki kehendak bebas untuk menerima atau menolak tawaran anugerah dan keselamatan Allah. Hal ini berbeda dengan konsep korupsi total dalam Calvinisme yang menyatakan bahwa manusia dalam keadaan korup dan tidak memiliki kemampuan bebas untuk mencari Allah.

2. Keselamatan untuk Semua
Arminianisme menekankan bahwa keselamatan ditawarkan kepada seluruh umat manusia dan bahwa Allah menghendaki agar semua orang diselamatkan. Hal ini bertentangan dengan konsep penebusan terbatas dalam Calvinisme.

3. Keselamatan yang Dapat Hilang
Arminianisme mengajarkan bahwa keselamatan dapat hilang jika seseorang secara sadar memilih untuk meninggalkan iman atau menolak anugerah Allah. Hal ini berbeda dengan pandangan Calvinisme mengenai "perseverance of the saints" bahwa orang yang telah ditebus tidak akan kehilangan keselamatannya.

4. Kehendak Allah dan Manusia
Arminianisme menekankan bahwa kehendak manusia dapat bekerja bersama dengan kehendak Allah dalam pertemuan yang bersifat saling mempengaruhi. Hal ini mencerminkan penolakan terhadap pandangan Calvinisme mengenai predestinasi yang mutlak dan tidak memperhitungkan peran kehendak manusia.

Teologi Arminianisme telah mempengaruhi beragam aliran teologi dalam tradisi Protestan, dan perdebatan antara Calvinisme dan Arminianisme telah menjadi topik diskusi yang menarik dalam sejarah teologi Kristen. Sebagian besar denominasi Kristen memiliki pandangan unik terhadap masalah ini, dan banyak cendekiawan dan teolog Kristen yang mempelajari dan mengembangkan teologi berdasarkan paham Arminianisme.

No comments:

Perbedaan Lutheranisme - Calvinisme - Arminianisme

“For whom he did foreknow , he also did predestinate to be conformed to the image of his Son, that he might be the firstborn among many bret...