Translate This Blog

Tuesday, April 09, 2013

Cara Benar Kritik Orang


Kunci kritik yang berhasil terletak dalam jiwa kritik itu.

Kritik tidak boleh untuk melampiaskan kebengisan anda dan kemarahan orang lain, karena tidak seorang pun senang dikritik. Tapi anda dapat mencapai banyak hal dengan kritik anda jika melakukannya dengan cara yang tepat.

7 langkah untuk melakukan kritik yang berhasil, yaitu :
  1. Jangan pernah mengkritik di depan umum; Tidak ada pintu yang terbuka, tidak ada teriakan suara yang keras, tidak ada orang lain yang mendengarkan - muntlak antar pribadi.
  2. Mulailah kritik dengan kata atau pujian yang baik; Ciptakanlah suasana bersahabat - untuk memperlunak "pukulan". (Ciumlah dia sebelum anda menendangnya).
  3. Buatlah kritik itu impersonal - kritiklah perbuatannya, bukan orangnya; Perbuatlah yang harus dikritik, bukan orangnya.
  4. Sediakan jawaban; Jawaban berarti cara yang benar. Ketika anda memberi tahu seseorang bahwa apa yang dia lakukan salah, anda seharusnya juga memberi tahu dia bagaimana melakukannya dengan benar. 
  5. Mintalah kerja sama - jangan menuntutnya; Adalah kenyataan bahwa anda akan mendapat kerjasama lebih besar dari orang jika anda memintanya daripada jika anda menuntutnya. Menuntut adalah cara terakhir.
  6. Satu kritikan untuk sebuah pelanggaran; Kritikan yang paling benar dibenarkan hanya SEKALI.
  7. Akhiri kritik dengan perkataan yang bersahabat; Akhirilah dengan perkataan "kita tetap berteman, kita telah menyelesaikan masalah kita, marilah kita bekerja bersama-sama dan saling membantu." Bukan dengan perkataan, "kamu sudah ditegur, sekarang perbaiki perbuatanmu." Ini adalah aturan paling penting dari ketujuh aturan di atas.

Daftar Pustaka:
"Skill With People" by Les Giblin

No comments:

Like For Free Alerts