Translate This Blog

Tuesday, January 14, 2014

Mengapa Kita Berdoa


Kamus Besar Bahasa Indonesia menyampaikan arti Doa adalah n permohonan (harapan, permintaan, pujian) kpd Tuhan; sedangkan Komunikasi /ko·mu·ni·ka·si/ adalah n 1. pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yg dimaksud dapat dipahami; hubungan; kontak; 2. perhubungan;

Allah telah memanggil kita ke dalam suatu hubungan dengan diri-Nya. Hubungan yang membutuhkan komunikasi. Doa adalah komunikasi antara Allah yang kudus dan Anda dan saya. Melalui Firman Tuhan kita diajarkan arti dan peranan doa .

Allah Memerintahkan Kita Untuk Berdoa


"Maka kamu akan minta tolong kepada-Ku. Kamu akan datang untuk berdoa kepada-Ku, dan Aku akan menjawab doamu. Kamu akan mencari Aku dan menemukan Aku, sebab kamu mencari dengan sepenuh hati." (Yeremia 29:12,13 BIMK)

Tuhan ingin punya hubungan dengan kita. Dan Dia tahu kita membutuhkan apa yang bisa Dia berikan. Melalui doa, kita mengalami transformasi kehidupan, memperbaharui keintiman dengan Pencipta Alam Semesta .

Allah Menyatakan Diri-Nya Kepada Kita Melalui Doa

"Ajarilah aku melakukan kehendak-Mu, sebab Engkaulah Allahku. Engkau baik hati, dan akan membimbing aku di jalan yang rata." (Mazmur 143:10 BIMK)

Kita belajar lebih banyak tentang karakter-Nya dan bagaimana kehendak-Nya yang sempurna bekerja sendiri dalam kehidupan kita. Memperdalam pemahaman kita tentang Tuhan juga memperdalam iman dan keinginan kita untuk menyembah Dia.

Allah Mengundang Kita Untuk Membawa Beban Dan Kebutuhan Kita Kepada-Nya Dalam Doa

"Datanglah kepada-Ku kamu semua yang lelah, dan merasakan beratnya beban; Aku akan menyegarkan kamu." (Matius 11:28 BIMK)

Kita memiliki Bapa Surgawi yang lebih dari mampu membawa kemenangan untuk setiap tantangan yang kita hadapi. Allah adalah penyembuh spiritual dan fisik. Seperti hubungan yang sehat, kita harus menjaga garis komunikasi terbuka.

Tuhan Menjawab Doa Umat-Nya

"Doa orang yang menuruti kemauan Allah, mempunyai kuasa yang besar." (Yakobus 5:16b BMIK)

Melalui doa, pekerjaan-Nya dilakukan di bumi. Rasul Paulus terus meminta doa dalam upaya misinya dan melihat doa sebagai hal yang penting untuk keberhasilannya.

Allah Impartasi Kebijaksanaan Dan Pemahaman Melalui Doa

"Kalau ada seorang di antaramu yang kurang bijaksana, hendaklah ia memintanya dari Allah, maka Allah akan memberikan kebijaksanaan kepadanya; sebab kepada setiap orang, Allah memberi dengan murah hati dan dengan perasaan belas kasihan." (Yakobus 1:5 BIMK)

Ketika kita menjadi semakin sadar akan keterbatasan kita, kita dapat beristirahat dalam pengetahuan bahwa Allah kita adalah Allah mahatahu. Pemahaman kita akan nasihat Allah adalah berkat doa .

Allah Memperlihatkan Otoritas Dan Kemampuan Untuk Melakukan Hal Yang Mustahil Melalui Doa Umat-Nya

"Apa saja yang kalian minta dalam doamu, kalian akan menerimanya, asal kalian percaya.” (Matius 21:22 BIMK)

Hati kita berdetak dengan keyakinan besar ketika kita mengambil tugas besar untuk Tuhan kita sang perkasa.

Allah Meluas Kuasa-Nya Kepada Kita Melalui Doa Agar Kita Dapat Menolak Godaan


"Berjaga-jagalah, dan berdoalah supaya kalian jangan mengalami cobaan. Memang rohmu mau melakukan yang benar tetapi kalian tidak sanggup, karena tabiat manusia itu lemah.” (Matius 26:41 BIMK)

Dengan doa, Anda selalu memiliki perisai perlindungan yang tersedia. Tinggal katakan saja.


Daftar Pustaka :
- Kamus Besar Bahasa Indonesia.
- http://www.wycliffe.org/pray/whywepray.aspx
- https://www.bible.com

No comments:

Like For Free Alerts